LIPUTAN

Program Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi Abdi Masyarakat atau disingkat RTIKAbdimas merupakan pelaksanaan kerjasama Tridharma (Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat) antara Sekolah Tinggi Teknologi Garut dengan Pengurus Pusat Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia.

The Community Servants Information and Communication Technology Volunteer Program or abbreviated as RTIKAbdimas is the implementation of Tridharma (Teaching, Research, and Community Service) collaboration between the Garut College of Technology and the Indonesian Information and Communication Technology Volunteer Center Management


Layanan Relawan TIK Enam Semester

 

Mungkin saja ada anggota Relawan TIK Kampus yang menikmati aktivitas layanan relawan TIK dan berharap mendapatkan pengalaman berbeda setiap semesternya. Relawan TIK Kampus memerlukan anggota dengan kondisi demikian mengingat keberlanjutan organisasi bergantung kepada keberadaan anggota yang dapat melaksanakan fungsi pelatih, pengelola, dan perintis. Dosen atau program studi pun membutuhkan sejumlah mahasiswa setiap semesternya yang dapat membantu program pengabdian kepada masyarakat. Oleh karenanya diperlukan daur hidup layanan Relawan TIK Kampus pada program pendidikan diploma atau sarjana yang menyediakan aktivitas berbeda selama empat hingga enam semester.

Aktivitas mahasiswa anggota Relawan TIK kampus selama enam semester adalah sebagai berikut :

Waktu

Kegiatan

Tahun Pertama

Inisiasi : Pelayanan Eksternal Organisasi

Semester 1

Mendaftarkan diri sebagai anggota Relawan TIK Indonesia Komisariat Kampus;

 

Seminggu sekali mendapatkan pengetahuan tentang Relawan TIK Indonesia dari pelatih;

 

Sebulan sekali membantu pelatihnya melaksanakan layanan Relawan  TIK dasar bagi masyarakat.

Semester 2

Seminggu sekali mendapatkan keterampilan terkait layanan Relawan TIK dari Pelatih;

 

Sebulan sekali membantu Pelatih melaksanakan layanan Relawan  TIK bagi masyarakat;

 

Menerapkan pengetahuan dan keterampilan, serta membangun sikap dermawan dengan melaksanakan layanan Relawan TIK secara berkelompok untuk masyarakat di bawah bimbingan dosen pada saat libur panjang.

Tahun Kedua

Mandiri : Pelayanan Internal Organisasi

Semester 3

Dapat dipilih sebagai pengurus komisariat dan mengikuti pendidikan dan pelatihannya;

 

Melaksanakan layanan Relawan TIK untuk internal organisasi / kepengurusan;

 

Seminggu sekali melatih anggota baru untuk memberikan pengetahuan tentang Relawan TIK Indonesia;

 

Sebulan sekali mengasah sikap dermawan dengan melaksanakan layanan Relawan TIK bagi masyarakat yang tertuang dalam program kerja kepengurusan, dengan melibatkan mitra dan anggota baru;

 

Membantu Program Studi atau dosen melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat terkait TIK pada semester Ganjil.

Semester 4

Melaksanakan layanan Relawan TIK untuk internal organisasi / kepengurusan;

 

Seminggu sekali melatih anggota baru untuk memberikan keterampilan layanan Relawan TIK;

 

Sebulan sekali mengasah sikap dermawan dengan melaksanakan layanan Relawan TIK bagi masyarakat yang tertuang dalam program kerja kepengurusan, dengan melibatkan mitra dan anggota baru;

 

Membantu Program Studi atau dosen melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat terkait TIK pada semester Genap.

 

Membantu dosen membimbing anggota baru yang melaksanakan layanan relawan TIK pada saat libur panjang;

Tahun Keempat

Madani : Fokus Jasa Layanan Keahlian

Semester 5 – 6

Memberikan jasa layanan keahlian TIK di toko, lembaga kursus, atau bengkel Pusat Layanan Relawan TIK;

 

Memberikan pengetahuan dan keterampilan berorganisasi serta sikap kepemimpinan dalam pendidikan dan pelatihan pengurus baru;

 

Sebulan sekali memupuk sikap loyal dan tanggung jawab dengan melaksanakan perintisan komisariat baru atau membantu kegiatan komunitas TIK sekolah menggunakan dana operasional yang berasal dari sebagian keuntungan jasa layanan keahlian TIK;

 

Setahun sekali melaksanakan layanan relawan TIK bagi masyarakat dengan sebagian dana berasal dari Pusat Layanan Relawan TIK;

 

Membantu Program Studi atau dosen melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat terkait TIK.


Begitu anggota selesai mengikuti pendidikan dan pelatihan, maka dia dapat melaksanakan tugas pelatih, mengajarkan kembali materi yang diterimanya saat pendidikan dan pelatihan. Dengan demikian pelatih dapat mengeluarkan sertifikat pelatih bagi peserta yang telah menyelesaikan pendidikan dan pelatihan. Rentang waktu menunggu mulai dari mengikuti pendidikan dan pelatihan hingga mengajarkannya kembali dalam layanan relawan TIK enam semester adalah satu tahun. 

Materi Diklat

Mengikuti

Melatih

Relawan TIK

Semester 1

Semester 3

Layanan Relawan TIK

Semester 2

Semester 4

Pengurus Relawan TIK

Semester 3

Semester 5


Selain pelatih, jabatan fungsional lainnya yang dapat dijalankan oleh anggota adalah pengelola dan perintis. Sertifikat pengelola diperoleh setelah menyelesaikan pendidikan dan pelatihan pengurus. Sementara sertifikat perintis diperoleh setelah menyelesaikan tugas kepengurusan baik dalam posisi sebagai pejabat struktural / personel kepengurusan atau pejabat fungsional pengelola / personel kelompok kerja. Gambar tanda jabatan fungsional berwarna kuning dibubuhkan dalam sertifikatnya, pin nya dapat disematkan pada seragam relawan TIK sebagai tanda pengenal yang menunjukan pengalaman.




Sumber Pustaka: Cahyana (2018) 

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © 2014 Relawan TIK Abdimas. Designed by OddThemes