Mungkin saja ada anggota Relawan TIK Kampus yang menikmati aktivitas layanan relawan TIK dan berharap mendapatkan pengalaman berbeda setiap semesternya. Relawan TIK Kampus memerlukan anggota dengan kondisi demikian mengingat keberlanjutan organisasi bergantung kepada keberadaan anggota yang dapat melaksanakan fungsi pelatih, pengelola, dan perintis. Dosen atau program studi pun membutuhkan sejumlah mahasiswa setiap semesternya yang dapat membantu program pengabdian kepada masyarakat. Oleh karenanya diperlukan daur hidup layanan Relawan TIK Kampus pada program pendidikan diploma atau sarjana yang menyediakan aktivitas berbeda selama empat hingga enam semester.
Aktivitas mahasiswa anggota Relawan TIK kampus selama enam semester adalah sebagai berikut :
Waktu |
Kegiatan |
Tahun Pertama |
Inisiasi : Pelayanan Eksternal Organisasi |
Semester 1 |
Mendaftarkan diri sebagai anggota
Relawan TIK Indonesia Komisariat Kampus; |
|
Seminggu sekali mendapatkan
pengetahuan tentang Relawan TIK Indonesia dari pelatih; |
|
Sebulan sekali membantu pelatihnya melaksanakan
layanan Relawan TIK dasar bagi
masyarakat. |
Semester 2 |
Seminggu sekali mendapatkan
keterampilan terkait layanan Relawan TIK dari Pelatih; |
|
Sebulan sekali membantu Pelatih
melaksanakan layanan Relawan TIK bagi
masyarakat; |
|
Menerapkan pengetahuan
dan keterampilan, serta membangun sikap dermawan dengan melaksanakan layanan
Relawan TIK secara berkelompok untuk masyarakat di bawah bimbingan dosen pada
saat libur panjang. |
Tahun Kedua |
Mandiri : Pelayanan Internal Organisasi |
Semester 3 |
Dapat dipilih sebagai pengurus
komisariat dan mengikuti pendidikan dan pelatihannya; |
|
Melaksanakan layanan Relawan TIK
untuk internal organisasi / kepengurusan; |
|
Seminggu sekali melatih
anggota baru untuk memberikan pengetahuan tentang Relawan TIK Indonesia; |
|
Sebulan sekali mengasah sikap dermawan
dengan melaksanakan layanan Relawan TIK bagi masyarakat yang tertuang dalam
program kerja kepengurusan, dengan melibatkan mitra dan anggota baru; |
|
Membantu Program Studi
atau dosen melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat terkait TIK pada
semester Ganjil. |
Semester 4 |
Melaksanakan layanan Relawan TIK
untuk internal organisasi / kepengurusan; |
|
Seminggu sekali melatih
anggota baru untuk memberikan keterampilan layanan Relawan TIK; |
|
Sebulan sekali mengasah sikap dermawan
dengan melaksanakan layanan Relawan TIK bagi masyarakat yang tertuang dalam
program kerja kepengurusan, dengan melibatkan mitra dan anggota baru; |
|
Membantu Program Studi
atau dosen melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat terkait TIK pada
semester Genap. |
|
Membantu dosen membimbing anggota
baru yang melaksanakan layanan relawan TIK pada saat libur panjang; |
Tahun Keempat |
Madani : Fokus Jasa Layanan Keahlian |
Semester 5 – 6 |
Memberikan jasa layanan keahlian TIK
di toko, lembaga kursus, atau bengkel Pusat Layanan Relawan TIK; |
|
Memberikan pengetahuan
dan keterampilan berorganisasi serta sikap kepemimpinan dalam pendidikan dan
pelatihan pengurus baru; |
|
Sebulan sekali memupuk sikap loyal
dan tanggung jawab dengan melaksanakan perintisan komisariat baru atau
membantu kegiatan komunitas TIK sekolah menggunakan dana operasional yang
berasal dari sebagian keuntungan jasa layanan keahlian TIK; |
|
Setahun sekali
melaksanakan layanan relawan TIK bagi masyarakat dengan sebagian dana berasal
dari Pusat Layanan Relawan TIK; |
|
Membantu Program Studi atau dosen
melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat terkait TIK. |
Materi Diklat |
Mengikuti |
Melatih |
Relawan TIK |
Semester 1 |
Semester 3 |
Layanan Relawan TIK |
Semester 2 |
Semester 4 |
Pengurus Relawan TIK |
Semester 3 |
Semester 5 |
Post a Comment