LIPUTAN

Program Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi Abdi Masyarakat atau disingkat RTIKAbdimas merupakan pelaksanaan kerjasama Tridharma (Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat) antara Sekolah Tinggi Teknologi Garut dengan Pengurus Pusat Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia.

The Community Servants Information and Communication Technology Volunteer Program or abbreviated as RTIKAbdimas is the implementation of Tridharma (Teaching, Research, and Community Service) collaboration between the Garut College of Technology and the Indonesian Information and Communication Technology Volunteer Center Management


Pengorganisasian Relawan TIK

Layanan relawan TIK yang dilaksanakan oleh sekelompok orang akan berjalan dengan baik kalau terorganisir. Organisasi dibentuk agar mimpi jangka panjang atau tujuan bersama relawan TIK dapat tercapai, dan seluruh komponen 6M nya dapat dikondisikan agar menunjang tujuan tersebut. 

Di antara tujuan jangka panjang relawan TIK terkait pembangunan masyarakat informasi adalah meningkatkan populasi melek digital. Tidak cukup hanya satu kali pelaksanaan layanan untuk mencapai tujuan tersebut apabila lingkup wilayah geografis yang diharapkannya sangat luas. Pelaksanaan layanan berkali-kali membutuhkan komponen 6M yang tidak sedikit setiap tahunnya. Komponen 6M tersebut antara lain :

  • Man / manusia adalah anggota relawan TIK dari kalangan pengguna akhir dan khusus yang melaksanakan peran lapangan / fungsional dan kepengurusan / struktural;
  • Materials / bahan adalah seluruh berkas yang diperlukan untuk melaksanakan layanan relawan TIK, atau hasil dari layanan relawan TIK yang dapat digunakan kembali untuk pelaksanaan layanan berkutnya;
  • Methods / metode adalah tahapan proses pencapaian tujuan yang harus diikuti oleh anggota relawan TIK;
  • Machine / mesin adalah perangkat TIK yang digunakan dalam pengelolaan layanan relawan TIK, mulai dari perencanaan hingga evaluasi;
  • Money / uang adalah dana kegiatan yang digunakan untuk operasional layanan yang bersumber dari iuran, donasi, dan usaha; dan
  • Market / pasar adalah mitra yang menerima manfaat atau menjalin kerjasama yang saling menguntungkan, dari kalangan pemerintah, akademisi, perusahaan atau unsur masyarakat lainnya. 

Ada tiga level kematangan organisasi penentu kepercayaan mitra dikaitkan dengan komponen 6M tersebut, yakni inisiasi, mandiri, dan madani. Indikator penentu levelnya sebagaimana tampak pada matriks penilaian berikut ini :

Periode serah terima jabatan pengurus dan perekrutan anggota baru tidak bisa diseragamkan. Seperti misalnya kumpulan relawan dari kalangan mahasiswa, mungkin periodenya hanya satu tahun sekali. Tetapi kumpulan relawan dari kalangan pekerja bisa lebih dari satu tahun. Dalam rentang periode tersebut, layanan relawan TIK dapat diseleggarakan dengan gaya bebas atau berdasarkan insting, atau dengan memperhatikan renstra (rencana strategis) dan SOP (standar operational prosedur). Organisasi madani selalu memperbaharui legalitas, renstra, dan SOP dalam kurun waktu tertentu. 

Organisasi madani yang sudah mengembangkan unit bisnis dapat bermitra dengan kelompok profit (perusahaan) untuk kepentingan bisnisnya. Kerjasama dengan perusahaan berdasarkan profit-sharing membantu organisasi madani untuk mengadakan layanan bisnis dengan modal tidak terlalu besar. Semakin banyak perusahaan yang menjadi mitra bisnisnya dan masyarakat penggunanya, semakin banyak uang yang dapat dialokasikan untuk operasional layanan relawan TIK.

Keberlanjutan pengetahuan antar generasi terjaga dengan adanya simpanan data. Pengurus baru tidak akan bingung membuat usulan layanan relawan TIK tahunan apabila usulan yang telah dibuat sebelumnya tersedia di dalam simpanan data. Seluruh pengurus bidang dalam organisasi madani menumpulkan menyimpan, dan memproses dana, serta menyebarkan informasi menggunakan perangkat lunak aplikasi khusus. 

Sumber Pustaka: Cahyana (2018)

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © 2014 Relawan TIK Abdimas. Designed by OddThemes