LIPUTAN

Program Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi Abdi Masyarakat atau disingkat RTIKAbdimas merupakan pelaksanaan kerjasama Tridharma (Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat) antara Sekolah Tinggi Teknologi Garut dengan Pengurus Pusat Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia.

The Community Servants Information and Communication Technology Volunteer Program or abbreviated as RTIKAbdimas is the implementation of Tridharma (Teaching, Research, and Community Service) collaboration between the Garut College of Technology and the Indonesian Information and Communication Technology Volunteer Center Management


Sistem dan Teknologi Relawan TIK

Agar usaha pembangunan kapasitas masyarakatnya meluas dan efisien, layanan relawan TIK harus tersedia secara online. Organisasi relawan TIK harus menyediakan pusat layanan online. Sistem dan teknologi informasi harus dibangun oleh relawan dari kalangan pengguna khusus melalui layanan perangkat internal organisasi. Berikut ini perangkat teknologi informasi yang perlu disediakan :

  • eLearning, yakni sistem pembelajaran jarak jauh yang memungkinkan siapa saja dan dari mana saja untuk dapat mengikuti pendidikan dan pelatihan TIK yang dilaksanakan oleh relawan TIK;
  • Forum, selain sebagai sarana komunikasi antar relawan atau relawan dengan mitranya, juga digunakan untuk memberikan bantuan teknis bagi mitra penerima manfaat yang mulai menerapkan pengetahuan dan keterampilan hasil pendidikan dan pelatihan; dan
  • Digital library, sistem penyimpanan yang tersedia secara online untuk menyimpan material dan hasil layanan relawan TIK. 

Kelengkapan lainnya adalah sistem informasi dengan aktivitas manual atau berbasis komputer, yang menyajikan informasi rencana strategis organisasi, sumber daya yang digunakan untuk melaksanakan rencana tersebut, dan luaran layanan relawan TIK yang merupakan hasil pelaksanaan rencana tersebut. Informasi sumber daya relawan TIK seperti sumber daya manusia dan fasilitas dibuat berdasarkan rekaman data yang bersumber dari pengurus bidang terkait. Informasi kinerja layanan relawan TIK dapat bersumber dari laporan akhir atau artikel yang dibuat oleh relawan TIK lapangan yang melaksanakan layanan tersebut. 

Selain itu sistem informasi juga menyediakan data statistik yang biasanya digunakan oleh mitra untuk membuat keputusan bermitra dengan organisasi relawan TIK. Sistem informasi digunakan oleh organisasi relawan TIK untuk melaporkan pelaksanaan layanan yang merupakan kerjasamanya dengan mitra. Hal tersebut dapat membangun kepercayaan mitra kepada organisasi.  

Selain banyaknya mitra dan layanan yang telah dilaksanakan, kredibilitas organisasi juga dibangun oleh banyaknya berkas yang terbuka untuk umum. Keterbukaan berkas tersebut mewujudkan pemanfaatan yang banyak oleh siapa saja dan di mana saja. Banyaknya pemanfaatan berkas ini dapat membuat organisasi menjadi terkemuka, dikenal secara luas oleh masyarakat. Hal ini juga bisa membangun kepercayaan mitra kepada organisasi.

Sumber Pustaka: Cahyana (2018)


Share this:

Post a Comment

 
Copyright © 2014 Relawan TIK Abdimas. Designed by OddThemes